Welcome to my blog..... Thank's to visit...! Jangan lupa? tinggalkan komentar anda...

Senin, 12 Juli 2010

REKREASI PAKET B DI MAEROKOCO..


Pagi itu sekitar jam 5, hari Kamis tepatnya tanggal 8 Juli 2010 tampak wajah wajah gembira anak-anakku paket B SKB Mandiri Blora yang memang mau berangkat rekreasi di semarang.. yach kali ini SKB Blora memberikan paket karyawisata gratis buat warga belajar paket B kelas IX sebagai kenang-kenangan terakhir setelah mereka menuntaskan Kejar Paket B di SKB Mandiri Blora... 
Untuk karyawisata kali ini mempunyai tujuan Semarang yaitu pada 3 lokasi tepatnya Bandungan, Taman Maerokoco dan PRPP yang kebetulan sedang ada Jateng Fair..
walaupun agak lama perjalanan dari Blora menuju ke lokasi pertama yaitu Bandungan yang terletak paling ujung selatan Semarang, tampak mereka sangat bersemangat sekali walaupun memang ada juga beberapa anak yang teler karena mabuk perjalanan, tampak yang lain memanfaatkan perjalanan ini dengan berkaraoke yang memang dalam bisnya dikasih fasilitas untuk itu..   
Yach... memang rata-rata anak didik dari SKB Mandiri ini anak desa yang kurang mampu dan mungkin jarang bepergian jauh.. tampak mereka menikmati sekali rekreasi ini.. ada yang bermain-main dengan permainan yang memang ada di lokasi wisata, ada juga yang cuma melihat-lihat pemandangan sambil duduk-duduk menikmati makanan bontotannya (bekal dari rumah).. 
setelah cukup puas di lokasi wisata bandungan.. dan telah membeli oleh-oleh sayuran dan kelengkeng yang memang menjadi makanan khas di bandungan ini, kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi kedua yaitu Taman Maerokoco.. 
Taman Maerokoco merupakan taman yang dibuat sedemikian rupa dengan fungsi menyerupai konsep Taman Mini Indonesia Indah, cuma disini hanya meliputi wilayah Jawa Tengah.. di taman ini bisa dilihat berbagai rumah-rumah adat daerah kabupaten se propinsi Jateng.. dengan lengkap kerajinan, makanan khas dan kesenian budaya daerah masing-masing.
Untuk pertama kami menuju rumah kebanggaan Kabupaten Blora yakni sebuah pendopo joglo lengkap dengan perlengkapan meja kursi khas Blora.. dan berbagai kerajinan kayu jati yang memang merupakan kebanggaan Kabupaten Blora. Didalam rumah Blora ini ternyata ada berbagai data mengenai wisata-wisata di Kabupaten Blora lengkap dengan foto-fotonya juga kesenian yakni Barongan yang terpajang apik di depan pintu masuk rumah..  
Suasana bagai dirumah sendiri.. 
Setelah puas berfoto-foto dan istirahat anak-anak mulai tampak berpencar untuk melihat berbagai bentuk rumah adat kabupaten lain yang memang sungguh indah dan menyuguhkan berbagai pengetahuan tentang Kabupatennya masing-masing.. 
Ternyata di Propinsi Jawa Tengah ini begitu banyak sekali keragaman kesenian dan keragaman macam-macam bentuk rumah adat yang menjadi khas daerah masing-masing yang merupakan wujud budaya daerah yang menambah kekayaan budaya Indonesia..
Dalam hal ini untuk berbagai bentuk rumah adat di Jawa Tengah sangat memperlihatkan sikap keterbukaan dan keramah tamahan penduduk asli jawa tengah dibuktikan dengan adanya sebuah pendopo di setiap rumah adatnya. rata-rata semua rumah adat di Jawa tengah adalah dari kayu jati dengan berbagai ukiran dan ornamen khas daerah masing-masing..
Dari sini perlu diketahui buat semua generasi ini jangan sampai kita melupakan sejarah dan perjuangan dari para pendahulu kita dan kita juga harus selalu melestarikan kebudayaan asli kita sebagai wujud pengabdian kepada bangsa ini.. 
Sikap keterbukaan, sikap keramah tamahan, sikap menghormati harus selalu ada di hati dan diajarkan kepada penerus kita karna dengan sikap ini negara ini bisa besar, bisa terus berjaya dan diakui oleh dunia..
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kami sadar masih banyak sekali kekurangan dalam pengeloaan blog ini, karena itu saran dan komentar sangat kami perlukan demi pengembangan blog ini selanjutnya. dan kami ucapkan beribu terima kasih bagi yang singgah dan meninggalkan komentar..