Welcome to my blog..... Thank's to visit...! Jangan lupa? tinggalkan komentar anda...

Kamis, 03 Juni 2010

PERAN SEORANG GURU..



Kembang jagung mulai mekar, musim tanam ternyata telah sebulan lebih, kuncup kuncup buah terlihat di ketiak pelepahnya.

Lebah, Kumbang, Kupu kupu beterbangan disekelilingnya, hinggap sebentar , mengabil sari madu dan terbang ke sarangnya.

Tetapi Kupu-kupu lebih sibuk dengan dirinya, di ujung daun muda, ia menelorkan sekelompok generasi yang dijauhi pada saat mula-mula, tetapi akhirnya dicari oleh ajaibya metamorfosa.

Ekosistem yang sempit, tampak lengang tertangkap indera kita, tetapi ternyata sarat peristiwa, oknum dan penjelasan dibaliknnya.

Disinilah peran seorang guru dibutuhkan, bahkan untuk hal-hal yang sepele dan dipandang sebelah mata. Tampak klise memang, tetapi itulah kenyataannya. Pikiran yang lemah dalam mengolah sketsa kejadian, harusnya diasah hingga mampu menterjemahkan semua.

Peran Seorang Guru


Seorang guru haruslah mampu mengasuh “alam pikiran anak” didik, dengan kata lain seorang guru mampu mengikat keinginan- keinginan liar dan “tumpul” dari peserta didik di dalam kelas, kemudian menuntunya secara wajar dan terarah.

Sebuah ilmu dapat tercerap dengan mudah melalui indera pendengaran dan penglihatan. Seorang guru diwajibkan untuk mengembangkan itu, melalui metode yang diadopsi dari lingkungan sekitar. Misalnya jika pengajaran diadakan di dalam kelas, maka seorang guru seharusnya tidak saja mampu mengolah posisi dan letak berdirinya di dalam kelas, agar mudah dilihat dan didengar oleh muridnya, tetapi juga bisa memposisikan semua obyek yang ada di kelas, baik letak bangku kursi maupun posisi papan tulis, dan sebagainya, yang harus ditekankan, harus bisa memanfaatkan segala obyek yang ada untuk keperluan pengajaran yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kami sadar masih banyak sekali kekurangan dalam pengeloaan blog ini, karena itu saran dan komentar sangat kami perlukan demi pengembangan blog ini selanjutnya. dan kami ucapkan beribu terima kasih bagi yang singgah dan meninggalkan komentar..